• Kantor Desa Babagan RT. 09 RW. 03
  • 085293104007
  • babagan92@gmail.com
INFO
  • Ini contoh teks berjalan. Isi dengan tulisan yang menampilkan suatu ciri atau kegiatan penting di desa anda.

MUSYAWARAH DESA PENETAPAN HASIL PENDATAAN SDG's DESA TAHUN 2021

03 Juni 2021 HENDRIS KRISTANTO SPd Berita Desa Dibaca 430 Kali

Program Pemerintah Pusat guna melaksanakan pemutakhiran Data Indeks Desa Membangun (IDM) berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) Desa Tahun 2021 dan pelaksanaannya 3 bulan mulai bulan Maret, April dan Mei Tahun 2021 dimulai dari Sosialisasi, pembekalan relawan, pendataan ditingkat RT terdiri dari pendataan (Individu, KK, RT dan Desa), Evaluasi Pendataan sampai dengan Penetapan Hasil Pendataan SDG's Desa.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Pencapaian Tujuan Pembangunan Nasional Berkelanjutan, Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, Peraturan Menteri Desa Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pedoman Umum Pembangunan Desa dan Pemberdayan Masyarakat Desa dan surat Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 5/PR/.03.01/III/2021 tentang Pemuhtakhiran Data IDM berbasis SDGs Desa, maka Desa Babagan segera melaksanakan Program SDG's ini dengan membentuk Tim Kelompok Kerja (POKJA) Relawan Pemutakhiran Data SDG's Desa Tahun 2021 dengan dikuatkan Keputusan Kepala Desa Nomor 470/17/2021.

Setelah Pokja terbentuk dengan jumlah relawan 30 orang pendataan tingkat RT, maka relawan diberikan Pembekalan pendataan SDG's pada hari Selasa tanggal 20 April 2021 bertempat di Balai Desa Babagan. Acara pembekalan tersebut dijelaskan tata cara pengisian pendataan yang tercatat/manual kemudian dilanjutkan pengisian di aplikasi SDG's secara online berbasis android dengan ram minimal 3.

Setelah relawan mendapatkan pembekalan maka dilakukan pendataan ke warga desa dari individu, KK, RT sampai desa dengan waktu 2 bulan. Sebelum dilakukan penetapan hasil pendataan SDG's maka dilakukan Evaluasi hasil pendataan SDG's oleh relawan/enumerator yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 29 Mei 2021 ternyata ada 2 kendala yaitu sebagian warga yang susah ditemui dan server sering trobel (enumator susah masuk di aplikasi SDG's).

Setelah dilakukan Evaluasi maka pada hari Senin tanggal 31 Mei 2021 yang mana hari terkhir pendataan dan alhamdulillah relawan/enumerator Desa Babagan sudah selesai pelaksanaan pendataan sehingga bisa dilakukan  Musyawarah Desa Penetapan SDG's Desa tahun 2021 yang dihadiri oleh Camat, Kapolsek, Danramil, Babinsa, Babinkantibmas, Kasi PMD, Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa, Perangkat Desa, BPD serta Lembaga Desa lainnya, Pokja pendataan SDG's dan Tokoh Masyarakat. Dalam acara Musyawarah Desa Penetapan Hasil SDG's Desa tahun 2021 Ketua Pokja menyampaikan laporan Hasil Pendataan SDG's Desa yaitu jumlah Individu : 2.529 jiwa dengan rincian Laki-laki : 1.280 jiwa Perempuan : 1.249 jiwa, jumlah KK : 812 dan Jumlah RT. 16.

Demikian Berita Desa ini dibuat, agar dapat diketahui oleh kalayak umum.

 

Dokumen Lampiran

:
Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar